Manichaeism, Agama yang Coba Saingi 5 Agama Besar Dunia Skip to main content

Manichaeism, Agama yang Coba Saingi 5 Agama Besar Dunia


Ancient Origins.net (18/10/2019) - Manichaeism adalah agama multi-segi yang didirikan oleh nabi Iran bernama Mani, setelah mendapat wahyu dari malaikat Eltaum.



Manichaeisme dikembangkan dalam beberapa tulisan Mani, yang menggambarkan pertempuran antara kekuatan penciptaan manusia dan alam semesta yang didirikan antara terang dan gelap.

Selama beberapa abad, Manichaeisme menyebar jauh dan luas, dan pada satu titik dianggap sebagai saingan utama bagi agama Kristen.

Kisah nabi Manichaeisme Mani sebagian besar bias, sampai perkamen Yunani ditemukan pada tahun 1969. Dokumen ini berasal dari tahun 400 M dan dikenal sebagai Codex Manichaicus Coloniensis. Dengan kodeks itu, para peneliti kini mendapatkan wawasan yang lebih baik tentang siapa Mani dan ajarannya.

Mani lahir pada tahun 216 M di Mesopotamia dari orang tua yang merupakan anggota sekte keagamaan Elcesaites. Ayah Mani mengaku telah mendengar suara yang mendesaknya untuk menjauhkan diri dari anggur, wanita, dan daging. Untuk mematuhi suara itu, ayah Mani beremigrasi ke selatan, bersama Mani, untuk bergabung dengan Mughtasilah.

Pada saat itu, Mani mendapatkan wahyu pertamanya. Malaikat Eltaum muncul di hadapannya dan menyuruhnya untuk meninggalkan orang-orang Manda, dan menyatakan diri sebagai nabi kepada orang-orang setelah 12 tahun.



“Ketika Buddha datang ke India, Zoroaster ke Persia, dan Yesus ke tanah-tanah Barat, maka datanglah di masa sekarang, ramalan ini melalui saya, Mani, ke tanah Babilonia. Mani berbicara sebagai Rasul.

Mani menulis tujuh tulisan, termasuk Shabuhragan. Ajarannya berfokus pada asal mula kejahatan dan mengajarkan pandangan "dualistis" antara yang baik dan yang jahat dan mencerminkan beberapa agama -- termasuk dualisme Babilonia, Budha, Kasdim, Yahudi, Kristen, Iran, dan Zoroaster.

Pada awalnya Mani tidak banyak berhasil dan terpaksa melakukan perjalanan ke luar dari negerinya untuk menyebarkan Manichaeisme ke Turkestan dan India.

Dia mempersembahkan satu dari tujuh tulisannya kepada Raja Sassanid Persia, Shapur I, yang tidak mengikuti Manichaeisme, tetapi menoleransi dan tidak menghambat penyebarannya.

Di bawah kepercayaan Manichaeisme, ada kekuatan baik yang kuat, 'Tuhan', yang menentang kekuatan jahat semi-abadi, 'Setan'. Manichaeisme adalah agama Gnostik yang berfokus pada keselamatan melalui pengetahuan.

Comments

Popular posts from this blog

Kehidupan Rahasia Para Selir Kuno

Dalam banyak budaya kuno dan tradisi keagamaan, para penguasa dan anggota masyarakat elit tidak hanya memiliki istri, mereka juga memiliki selir.
Selir biasanya bertujuan untuk meningkatkan prestise pria melalui kapasitasnya untuk menghasilkan anak-anak dan, tentu saja, peluang tanpa batas untuk memuaskan hasrat seksual.
Sebagian besar orang mengasosiasikan selir dengan Cina kuno, di mana Kaisar diketahui memiliki ribuan selir, namun praktik selir tidak eksklusif untuk Cina saja.
Tradisi Selir Dari Seluruh Dunia
Praktek mengambil selir bermula ribuan tahun lalu, dimulai dari peradaban Mesopotamia kuno dan Babylonia, di mana anggota elit masyarakat mengambil selir, yang banyak dari mereka adalah budak, namun istri pertama selalu mempertahankan tempat utama dalam keluarga. 
Dalam beberapa budaya Mesopotamia, pria mengunjungi wanita-wanita ini sebagai pelacur, yang dianggap sebagai pemenuhan tugas keagamaan yang terhormat, terlepas dari status perkawinan pria itu.
Selir juga muncul di…

Kontroversi Maria Magdalena Dan Hubungannya Dengan Yesus

Dokumen-dokumen awal menggambarkannya sebagai sebagai teman Yesus. Maria Magdalena adalah wanita paling misterius dalam Alkitab.

Maria dari Magdala atau Maria Magdalena adalah salah satu pengikut Yesus dari Nazareth yang paling awal. Menurut catatan Alkitab ia bepergian dengannya dan menyaksikan penyalibannya dan salah satu orang pertama yang mengetahui kebangkitannya.

Baca Juga : 
Wajah Asli Cleopatra Terungkap

Selama berabad-abad, setiap orang dari pemimpin gereja mula-mula, dan cendekiawan hingga novelis menguraikan kisah Mary Magdalene.

Di satu sisi, mereka meremehkan pentingnya dirinya dengan mengklaim dia adalah seorang pelacur, seorang wanita yang hancur yang bertobat dan diselamatkan. Di sisi lain, beberapa teks Kristen mula-mula menggambarkan Maria Magdalena bukan hanya sekadar pengikut, tetapi rekan Yesus yang tepercaya — yang beberapa orang artikan sebagai istrinya.

Keempat Injil kanonik Perjanjian Baru (Matius, Markus, Lukas, dan Yohanes) mencatat kehadiran Maria Magdalena …

Skandal Besar Louis XIV

Revolusi Perancis tahun 1789 adalah salah satu pergolakan sosial paling dramatis dalam sejarah. Bercampur dengan  isu-isu ekonomi, sosial dan politik.

Perancis memiliki gaya hidup hedonistik monarki dan aristokrasi, sementara rakyat jelata kelaparan di jalanan. Hal ini dianggap sebagai salah satu pemicu utama dalam memulai revolusi.

Baca Juga : 
Misteri Pembunuhan Bocah Tak Dikenal yang Tak Terpecahkan Hingga Kini

Seperti banyak orang dengan terlalu banyak waktu dan uang di tangan mereka, para bangsawan yang menduduki Versailles di abad ke-18 dianggap telah terlibat dalam pesta pora. Louis XIV, dikenal karena perilaku tidak bermoralny yang terang-terangan.

Louis XIV dimahkotai pada 7 Juni 1654 dan memerintah sebagai raja Prancis selama 61 tahun. Sepanjang hidupnya, ia memiliki segudang skandal seksual sebelum, selama, dan setelah pernikahannya dengan Ratu Marie Thérèse.

Ayahnya meninggal ketika Louis XIV baru berusia lima tahun. Ibunya mengambil kendali pemerintah dan memerintah semua …